http://www.majakanikanzaasli.net/apa-penyebab-keputihan/

Apa Penyebab Keputihan yang sering terjadi pada wanita? Keputihan pada wanita memang sering terjadi, namun kebanyakan dari kaum wanita menganggap keputihan menjadi hal yang biasa. Sebenarnya hal seperti ini haruslah segera di atasi, karena jika tidak segera di atasi keputihan akan mengakibatkan kemandulan. Memang keputihan merupakan hal yang wajar yang sering terjadi pada wanita, namun yang perlu diwaspadai adalah ketika keputihan yang dialami merupakan keputihan yang tidak wajar.

Selain membuat kita tidak nyaman, keputihan yang tidak wajar kerap kali membuat kita akan merasa minder ketika hendak berhubungan dengan suami kita. Selain itu, keputihan juga bisa menjadi awal terjadinya kanker rahim kemudian bisa juga mengakibatkan kematian. Lalu apa penyebab keputihan itu sendiri? Sebelum kita membahasnya, yuk kita bahas dulu 2 jenis keputihan yang kerap kali menyerang wanita.

Apa Penyebab Keputihan?

Keputihan Normal dan Keputihan Abnormal(Patologis)

Keputihan Normal(Fisiologis)

Keputihan normal bisa di alami setiap wanita, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya apa penyebab keputihan ini sendiri? Keputihan normal biasa disebabkan oleh kelelahan, alergi makanan, dan alergi dengan bahan pakaian dalam. Keputihan juga bisa menjadi tanda-tanda akan mendekati menstruasi.

Ciri-ciri keputihan Normal

Keluarnya lendir berwarna bening transparan, encer, tidak menyababkan gatal, tidak berbau, tidak lengket, dan keluarnya jumlah cairan hanya sedikit. Untuk keputihan normal biasanya terjadi secara normal sebelum dan sesudah masa haid, dan biasanya untuk beberapa wanita tertentu keputihan ini menandakan masa subur seorang wanita.

Ketika kita para wanita mengalami hal di atas, baiknya kita jangan panik karena hal tersebut normal terjadi sebulan sekali. Dan ketika hal diatas terjadi usahakan bersihkan oragan intim anda dengan air bersih dan menggunakan handuk bersih.

Keputihan Abnormal(Patologis)

Apa penyebab keputihan Abnormal? Keputihan yang satu ini adalah keputihan yang tidak wajar karena keputihan potalogis disebakan oleh jamur dan kuman. Penyebab timbulnya jamur dan kuman bisa disebabkan oleh penggunaan air cebok yang tidak besih dan pola hidup yang tidak sehat.

Keputihan ini  juga bisa di akibatkan karena adanya penyakit di daerah rahim atau di organ kewanitaan.  Resiko yang di timbulkan dari keputihan ini bisa menyababkan gangguan kesehatan bayi pada ibu yang sedang hamil, dan bisa menularkan penyakit pada pasangan seks.

Ciri-ciri Keputihan Abnormal

Keluarnya cairan kental berwarna putih kekuningan, putih pekat, atau warna kehijauan, selain menimbulkan bau tidak sedap, keputihan ini juga kadang menyebabkan gatal, dan meninggalkan bercak kekuningan pada pakaian dalam.

Itulah tadi 2 jenis keputihan yang kerap kali mengganggu. Sekarang yuk kita bahas apa penyebab keputihan? Berikut ini merupakan hal-hal umum yang dapat menyebabkan keputihan.

Apa Penyebab Keputihan?

Penyebab keputihan selain berasal dari pengaruh hormon, yang sering kali menimbulkan keputihan adalah disebabkan oleh pola hidup kita sendiri, berikut ini merupakan apa penyebab keputihan yang sering terjadi pada umumnya.

1. Kurang Menjaga Kebersihan Miss V

Hal yang satu ini merupakan salah satu penyebab keputihan yang paling sering terjadi dan kurang diperhatikan oleh wanita. Contoh yang sering terjadi antara lain seperti sering sembarangan menggunakan toilet tanpa memperhatikan kebersihannya, jarang mengganti pembalut ketika sedang haid, ataupun suka bertukar celana dalam dengan teman entah karena alasan apapun.

2. Pola Hidup Yang Semberono

Penyebab keputihan yang lainnya yaitu disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik. Seperti pola makan yang tidak tidak teratur, kurangnya makan makanan yang sehat, kurang berolahraga, serta kurangnya istirahat seperti kurang tidur. Selain hal-hal di atas, pola hidup yang kurang baik lainnya yaitu seperti sering gonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan intim (makanya jangan jadi cewek nakal!!).

Hal seperti kurang memperhatikan kebersihan toilet yang dipakai ataupun cara berhubungan intim yang kurang sehat dan baik dapat menimbulkan dan menularkan parasit trichomonas vaginalis, biasanya keputihan akibat parasit ini meskipun tidak menimbulkan rasa gatal, cairan yang dikeluarkan akan berwarna kuning atau kehijauan serta berbuih dan berbau tidak sedap, selain itu jika ditekan vagina akan terasa sakit. Mulailah untuk merubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat dan teratur.

3. Menggunakan Cara Yang Salah Ketika Membasuh atau Mencebok Miss V

Hendaklah kita memperhatikan cara kita membasuh atau mencebok bagian kewanitaan kita, membasuh dengan cara yang salah seperti membasuh dari arah belakang ke depan dapat menyebabkan kuman dan bakteri yang ada pada anus hinggap ke daerah kewanitaan kita. Usahakan untuk membasuh dari arah depan ke belakang dan yang dibasuh adalah vulva, dan usahakan untuk tidak mengenai anus.

4. Stress dan Kelelahan

Stress juga merupakan salah satu penyebab keputihan. Stress menyebabkan kondisi hormon dalam tubuh menjadi tidak stabil, hal ini lah yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Begitu juga dengan kelelahan dan daya tahan tubuh, ketika kelelahan daya tahan dan kekebalan tubuh kita akan menurun sehingga akan lebih gampang terserang penyakit, salah satunya keputihan.

5. Sering Menggunakan Celana ataupun Celana Dalam Yang Terlalu Ketat

Menggunakan celana yang terlalu ketat, seperti jeans ataupun celana dengan bahan-bahan yang dapat menyebabkan keringat dan daerah kewanitaan menjadi lembab, dapat menimbulkan jamur yang dapat menyebabkan keputihan.

6. Hilangnya Keseimbangan Biologis dan Tingkat Keasaman (Ph) Pada Miss V

Perlu diperhatikan ketika kita ingin membersihkan daerah kewanitaan kita dengan cairan antiseptik, memang cairan antiseptik dapat mengatasi kuman dan bakteri yang ada, namun bakteri baik yang bertugas menjaga keseimbangan asam (Ph) pada bagian kewanitaan kita akan terganggu, hal inilah yang justru akan menyebabkan munculnya keputihan.

Itulah tadi beberapa penyebab keputihan, sebenarnya selain timbul secara normal, keputihan juga sering disebabkan oleh kurangnya kita memperhatikan dan menjaga kebersihan bagian kewanitaan kita. Nah, sudah tau kan sekarang apa penyebab keputihan, yuk mulai sekarang kita jaga dan rawat kebersihan serta kesehatan bagian kewanitaan kita, semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Salam sehat dan cantik.

             Yuk Atasi Keputihan Mu Dengan Herbal Ini!!